15 Juni 2013

TRANS SARBAGITA; Secercah Harapan Transportasi Publik di Bali

Bali sangat terkenal, bahkan terkadang lebih dari Indonesia. Beberapa orang asing sempat bertanya pada saya dimana letak Indonesia meski sesungguhnya mereka telah bepergian ke Bali sebelumnya. Menjadi destinasi wisata nomor wahid di negeri ini, Bali menyuguhkan tidak hanya keindahan alam namun juga keunikan budaya Hindu khas Bali. Bali dikunjungi hampir dua juta wisatawan mancanegara setiap tahunnya. Akan tetapi, jika kita berbicara soal transportasi umum, Bali tetaplah inferior. Contohnya, tidak ada bus bandara seperti di kota-kota lain di Indonesia. Jumlah armada angkutan kota sedikit dan kinerjanya tak bisa diandalkan. Hal ini menyebabkan kebanyakan penduduk lokal maupun turis memilih untuk menggunakan kendaraan pribadi yang menyebabkan permasalahan kemacetan lalu lintas setiap harinya.
Update Terakhir: Januari 2015

Sebagai pendatang baru, Bus Trans Sarbagita telah memberikan harapan untuk transportasi publik yang lebih baik di Bali. Kualitas bus boleh dibilang sangat baik layaknya bus-bus umum di Malaysia dan Singapore. Bus ini hanya berhenti di titik-titik tertentu sehingga orang tidak bisa seenaknya naik turun dimanapun. Ongkosnya relatif murah, hanya Rp 3.500 untuk dewasa dan Rp 2.500 untuk pelajar. Sejauh ini, telah ada dua rute yang dilayani oleh Trans Sarbagita. Rute-rute tersebut melewati banyak atraksi wisata yang menarik.

Ide pemerintah daerah akan Trans Sarbagita ini memang bagus namun sayang informasi yang ada sangat kurang. Beberapa dari halte bus masih tak bernama. Itulah mengapa menurut Bali Post (8 Oktober  2013), setelah tiga tahun beroperasi, Trans Sarbagita hanya mampu mengangkut 2,500 penumpang per hari, atau hanya 30 persen dari kemampuan angkut yang sesungguhnya

Di sini saya mencoba untuk membuat peta Trans Sarbagita yang terintegrasi dengan tempat-tempat menarik di sekitarnya. Peta ini masih jauh dari sempurna karena hanya didasarkan pada liburan dua hari saya di Bali ketika pertengahan tahun 2013 dan tahun baru 2015. Demi kemajuan kita bersama, saya mohon pada pembaca sekalian, khususnya penduduk lokal Bali, untuk dapat memberi tahu saya bila ada tambahan informasi atau koreksi mengenai Bus Trans Sarbagita ini. Mari kita jadikan transportasi publik ini sebagai transportasi utama masyarakat dan turis di Bali sehingga kondisi lalu lintas di sana menjadi lebih lenggang dan nyaman bagi semua.

3 komentar: